SELAMAT DATANG DI PENDIDIKAN KIMIA 2006 A FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

INFORMASI CPNS 2010

KLIK DI SINI

Minggu, 31 Oktober 2010

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) YANG DIINTEGRASIKAN DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM


PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) YANG DIINTEGRASIKAN
DENGAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER PADA PEMBELAJARAN POKOK BAHASAN STRUKTUR ATOM
Oleh
Ahmad jubandi (NIM. 061244310026)

ABSTRAK
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah penerapan metode Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer memberikan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang lebih baik daripada penerapan metode Problem Based Learning tanpa media komputer pada pokok bahasan struktur atom di SMA Swasta Singosari Delitua pada kelas XI IPA semester ganjil tahun ajaran 2010/2011.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Singosari Delitua. Sampel penelitian ini sebanyak 2 kelas XI IPA sebagai kelas eksperimen1 dan eksperimen2. Kelas eksperimen1 diajarkan dengan metode Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer, dan kelas eksperimen2 diajarkan dengan metode Problem Based Learning tanpa media komputer. Sebagai alat pengumpul data hasil belajar digunakan tes objektif yang berjumlah 20 soal yang telah teruji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda soal, dan pengumpul data aktivitas belajar digunakan lembar observasi yang telah divalidasi.
Hasil pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pretes kelas eksperimen1 30,5+-12,34, dan postes 76,16+-8,48. Sedangkan pada kelas eksperimen2 diperoleh rata-rata pretes 31,16+-11,49 dan postes 63,67+-10,82. Semua data retes, postes dan gain diuji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov SPSS-17, dan diperoleh data berdistribusi normal. Dan data pretes kedua kelas eksperimen diuji homogenitas menggunakan Uji Anova Satu Jalur SPSS-17 diperoleh bahwa kedua kelas homogen sebelum perlakuan berbeda. Peningkatan hasil belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji T sampel independen diperoleh thitung > ttabel (4,477 > 1,672) dengan taraf signifikansi 5% (+-=0,05) sehingga Ha1 diterima berarti Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer memberikan hasil belajar siswa yang lebih baik daripada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media pada materi struktur atom di kelas XI IPA SMA Swasta Singosari Delitua. Nilai aktivitas belajar kedua kelas eksperimen diuji beda dengan uji T sampel independen diperoleh thitung > ttabel (2,400 > 1,672) sehingga Ha2 diterima berarti Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer memberikan aktivitas belajar siswa yang lebih baik daripada pembelajaran Problem Based Learning (PBL) tanpa menggunakan media pada materi struktur atom di kelas XI IPA SMA Swasta Singosari Delitua. Dan persen efektivitas penerapan Problem Based Learning yang diintegrasikan dengan media berbasis komputer diperoleh sebesar 29,35%.

0 komentar:

Posting Komentar