SELAMAT DATANG DI PENDIDIKAN KIMIA 2006 A FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

INFORMASI CPNS 2010

KLIK DI SINI

Selasa, 02 November 2010

EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN REAKSI OKSIDASI REDUKSI


EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE  ORGANIZER
DENGAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN HASIL
BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
REAKSI OKSIDASI REDUKSI
 Oleh
Fitriani Parinduri (NIM 061244310019)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa  yang signifikan antara yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran advance organizer dan peta konsep dengan yang diberi pengajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 6 Binjai. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak 2 kelas. Kelas eksperimen I mendapat perlakuan model pembelajaran advance organizar dengan peta konsep dan kelas eksperimen II mendapat perlakuan model pembelajaran konvensional. Jumlah siswa pada kedua kelas tersebut adalah 30 orang. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar pada materi reaksi oksidasi reduksi dengan jumlah 20 soal. Dari penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen I sebesar 30,500±12,202 dan eksperimen II sebesar 31,167±11,498, sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen I sebesar 76,167±8,348 dan eksperimen II sebesar 63,000±9,523.
Efektifitas model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep berdasarkan rata-rata selisih postes dan pretes adalah 43,46%, sedangkan berdasarkan data gain rata-rata hasil belajar kimia siswa adalah 43,38%. Dari uji t diperoleh thitung=5,661 sedangkan ttabel=2,002 (Ī±=0,05). Hal ini berarti  -ttabel<thitung>ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kimia siswa  yang signifikan antara yang diberi pengajaran menggunakan model pembelajaran advance organizer dan peta konsep dengan yang diberi pengajaran konvensional pada pokok bahasan reaksi oksidasi reduksi.

0 komentar:

Posting Komentar