SELAMAT DATANG DI PENDIDIKAN KIMIA 2006 A FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

INFORMASI CPNS 2010

KLIK DI SINI

Selasa, 02 November 2010

Efektivitas Model Pembelajaran CTL(Contextual Teaching and Learning) dengan Metode Inquiry Pada Pokok Bahasan Asam Basa dan Garam di SMP Negeri 15 Medan


Efektivitas Model Pembelajaran CTL
(Contextual Teaching and Learning)
Dengan Metode Inquiry  Pada Pokok Bahasan Asam Basa
 dan Garam di SMP Negeri 15 Medan
 Oleh
Santi Utari (061244310020)
 
ABSTRAK
              Penelitian efektifitas model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode Inquiry pada pokok bahasan asam basa dan garam dilakukan di  SMP Negeri 15 Medan. Adapun Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 15 Medan Tahun Ajaran 2010/2011. Sampel dalam penelitian ini ada sua kelas yang dipilih secara purposive yaitu kelas VII-1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-4 sebagai kelas kontrol yang masing-masing terdiri dari 31 siswa. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar siswa digunakan tes. Jumlah tes adalah 21 soal, di susun dalam bentuk pilihan berganda terdiri dari 5 pilihan jawaban. Dari penelitian diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen  sebesar 26,032±9,229 dan kontrol sebesar 21,645±11,509, sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 83,253±10,253 dan kontrol sebesar 68,129±10,544. Efektifitas model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning)  dengan metode inquiry berdasarkan rata-rata selisih postes dan pretes adalah 23,109 % sedangkan dari data gain adalah 30,348%. Dari uji t diperoleh thitung=5,830 sedangkan ttabel=1,671 (α=0,05). Hal ini berarti thitung>ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa Hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan pengajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode inquiry lebih baik daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan tanpa menggunakan pengajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan metode inquiry.

0 komentar:

Posting Komentar