SELAMAT DATANG DI PENDIDIKAN KIMIA 2006 A FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

INFORMASI CPNS 2010

KLIK DI SINI

Jumat, 05 November 2010

PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN TERMOKIMIA DI SMA SWASTA ERIA MEDAN


PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE DENGAN MEDIA MIND MAPPING TERHADAP
 HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN
TERMOKIMIA DI SMA SWASTA
ERIA MEDAN
Oleh
Nur Aini (NIM 061244310029)

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran learning cycle dengan media mind mapping terhadap hasil belajar kimia siswa pada pokok bahasan  termokimia serta mengetahui ranah kognitif yang terkembangkan setelah mendapatkan pengajaran dengan model pembelajaran learning cycle dengan media mind mapping.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Swasta Eria Medan. Sampel penelitian diambil secara random sampling sebanyak 2 kelas. Kelas eksperimen  mendapat pengajaran dengan  model pembelajaran learning cycle dengan media mind mapping sedangkan kelas kontrol mendapat pengajaran dengan model konvensional oleh guru kimia di SMA Swasta Eria Medan. Jumlah siswa pada masing-masing kelas tersebut adalah 35 orang. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes objektif dengan 5 option dan berjumlah 20 soal yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Berdasarkan pengujian instrumen tes diperoleh reliabelitas sebesar 0,842 dengan rtabel = 0,361.
Setelah data memenuhi syarat, yaitu terdistribusi secara normal dan homogen selanjutnya dilakukan perhitungan data, dan diperoleh rata-rata nilai pretes kelas eksperimen sebesar 29,000±9,212 dan kontrol sebesar 30,857±8,268, sedangkan rata-rata nilai postes kelas eksperimen sebesar 77.00±9,641 dan kontrol sebesar 64,29±11,270. Terhadap data pretes dan post tes masing-masing kelas, kemudian dilakukan perhitungan gain, dengan terlebih dahulu menguji normalitas dan homogenitasnya. Dari perhitungan rata-rata gain diperoleh peningkatan hasil belajar siswa sebesar 68,60% pada kelas eksperimen dan 53,70% pada kelas kontrol.   Berdasarkan uji hipotesis, yaitu uji t satu pihak terhadap data gain ternormalisai diperoleh thitung = 5,089 sedangkan  ttabel=1,699 (α=0,05). Hal ini berarti  thitung > ttabel, dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran learning cycle dengan media mind mapping memberikan hasil belajar yang lebih baik dari pada pembelajaran dengan model konvensional pada pokok bahasan termokimia. Berdasarkan data yang diperoleh dari tes hasil belajar siswa diketahui bahwa ranah kognitif yang  terkembangkan dari model pembelajaran learning cycle dengan media mind mapping ini adalah  ranah kognitif  pengetahuan (C1) dengan peningkatan 60%, pemahaman (C2) dengan peningkatan 42,45%, dan penerapan (C3) dengan peningkatan 22,86%.

0 komentar:

Posting Komentar