ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELASAIKAN
SOAL-SOAL KESETIMBANGAN KIMIA
Oleh
Muhammad Ihsan (NIM 061244310002)
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia, menyelidiki kesalahan dominan dan penyebab kesalahannya.
Penelitian dilakukan terhadap siswa kelas XI IPA sekolah menengah atas (SMA) di kota Binjai yang telah mempelajari materi kesetimbangan kimia. Dari 26 SMA di Kota Binjai dipilih 3 sekolah, yaitu SMA Negeri 2, SMA Negeri 6 dan SMA Swasta Langkat Binjai yang diambil secara purposive. Dimana setiap sekolah diambil 40 orang siswa sebagai sampel penelitian. Alat pengumpul data berupa 5 butir tes dalam bentuk uraian dan wawancara.
Metode penelitian yang diterapkan berbentuk deskriptif kuantitatif. Dari analisis data diperoleh macam kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia. Kesalahan dominan terletak pada aplikasi rumus hubungan Kp dan Kc (66,67%) dan penentuan mol pereaksi pembatas dan sisa (53,13%). Selain itu juga terdapat beberapa kesalahan yaitu tidak dapat membuat penyelesaiain soal (23,50%), perbandingan mol (17,91%), menentukan konsentrasi zat (10,67%), aplikasi rumus konstanta kesetimbangan (23,96%), aplikasi rumus derajat disosiasi (20,83%), kesalahan operasi hitung (31,17%).
Dengan disajikannya data-data kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia, diharapakan dapat menjadi masukan bagi tenaga pendidik untuk dapat memberikan terapi yang tepat kedepannya, agar kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal kesetimbangan kimia dapat tertanggulangi.
0 komentar:
Posting Komentar